Toyota Avanza dan Innova, MPV Terlaris di Tanah Air 2010  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 28 Desember 2010 13:12 WIB
TEMPO/Jacky Rachmansyah

TEMPO Interaktif, Jakarta - Satu di antara varian mobil yang paling laris terjual di Indonesia sepanjang 2010 ini adalah varian Multi Purpose Vehicle (MPV) alias mobil keluarga serbaguna.  Catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang Januari-November penjualan wholesales kendaraan jenis itu mencapai 302.529 persen .

Jumlah itu setara dengan sekitar  37,5 persen dari total penjualan mobil yang sebesar 694.649 unit. Namun, angka itu terdiri dari jenis low MPV  dan medium MPV saja. Bila ditambah angka penjualan MPV mewah seperti Toyota Alphard, Nissan Elgrand, dan beberapa merek lainnya yang tidak tercatat di Gakindo porsi penjualan MPV di Indonesia mencapai 40 persen.

Lantas merek apa saja yang bakal menjadi MPV terlaris tahun ini? “Saya rasa di low MPV nama Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia masih sulit untuk digeser. Sedangkan, di segmen medium MPV Toyota Kijang Innova juga masih mendominasi,” papar sumber di Gaikindo, di Jakarta, Selasa (28/12).

Memang, saat ini masih ada waktu beberapa hari lagi untuk menutup tahun 2010. Hanya, catatan penjualan hingga pekan ketiga Desember ini posisi urutan volume penjualan merek yang ada tidak banyak berubah.

“Selain selisih angka penjualannya juga tinggi, Desember ini banyak hari libur. Sehingga penjualan ritel juga tidak banyak, mungkin wholesale masih mengalir tetapi dari dealer ke konsumen kecil sekali,” aku sumber itu.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Endro Nugroho, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) kepada Tempo.  “Penjualan whole sales masih kencang di Desember, tetapi ritelnya kecil. Ini karena banyak liburan, sementara seperti tahun-tahun sebelumnya di penghujung tahun orang juga jarang membeli mobil,” kata Endro.

Biasanya, lanjut Endro, konsumen menunda pembelian sembari menunggu pergantian tahun. Kalau pun ada yang memesan atau inden di akhir tahun, imbuh dia, akan mendaftarkan kendaraannya di awal tahun baru.

Karena itu, Endro memperkirakan pertambahan penjualan di Desember ini, tidak ada lonjakan besar. “Seperti bulan-bulan sebelumnya, tetapi maaf angka belum bisa diekspose karena baru rekap akhir bulan atau awal bulan tahun depan,”  kata dia.

Melihat perkembangan yang ada saat ini, posisi urutan MPV terlaris hingga akhir tahun tak mengalami perubahan seperti posisi januari – November. Meski, angka penjualan yang dibukukan mengalami perubahan. Hanya, sumber itu tidak bersedia menyebut angka penjualan sepanjang tiga pekan di Desember ini.

Lantas siapa saja jawara penjualan MPV  sepanjang 11 bulan lalu? Berikut data dari  Gaikindo:

A.    Segmen Low MPV

Nama/merek                                                                Penjualan (unit)1.      Toyota Avanza                                                      129.7442.      Daihatsu Xenia                                                       59.0163.      Suzuki APV                                                            16.1244.      Daihatsu Luxio                                                         5.2575.      Mitsubishi Maven                                                        170

B.     Segmen Medium MPV

Nama /merek                                                               Penjualan (unit)1.      Toyota Kijang Innova                                                48. 8692.      Nissan Livina                                                             20.4403.      Honda Freed                                                              12.1674.      Isuzu Panther                                                               4.9395.      Nissan Serena                                                               3.007

ARIF ARIANTO

#Produksi Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi