Mahindra Gagal Merakit Truk di Amerika  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 12 Juli 2012 14:24 WIB
Mahindra Xylo MPV. Foto: Mahindra

TEMPO.CO, Mumbai - Produsen mobil asal India, Mahindra & Mahindra, mengurungkan rencana memproduksi varian truk di Amerika Serikat. Proyek itu batal setelah Mahindra dijegal masalah hukum dan gagal meraih sertifikasi produksi.

Jika tak mengalami hambatan, tahun ini Mahindra bakal membuat versi pikap dari SUV Scorpio untuk pasar Amerika Serikat. Proyek yang dirintis sejak 2006 itu menghabiskan dana senilai US$ 100 juta.

"Tapi rencana ini gagal karena adanya perubahan regulasi dan kondisi pasar di Amerika," demikian pernyataan Mahindra, seperti dikutip dari Autonews, Kamis 12 Juli 2012.

Meski tersandung masalah, manajemen Mahindra mengaku terus melakukan pendekatan dan memantau situasi pasar di Amerika Serikat. Perusahaan yang bermarkas di Maharashtra Mumbai ini juga tetap berupaya memperoleh sertifikat produksi yang diperlukan untuk memasuki pasar Negeri Abang Sam itu.

Sebelumnya Mahindra dikabarkan terlibat masalah dengan perusahaan distributor kendaraan, Global Vehicles. Padahal kedua perusahaan itu telah sepakat membangun jaringan penjualan truk Scorpio di Amerika. Global, yang menuding Mahindra sengaja menghindari kewajiban sertifikasi industri untuk menekan biaya investasi, lantas mengajukan gugatan pada panel arbitrase internasional.

Analis BRICS Securities, Umesh Karne, mengatakan Mahindra bisa menggunakan cara lain untuk masuk ke pasar Amerika Serikat. Produksi dan pemasaran Scorpio bisa dilakukan oleh Ssangyong, pabrikan MPV Korea Selatan yang sahamnya dikuasai Mahindra.

"Opsi ini masih terbuka dan ini bukanlah kemunduran dari rencana ekspansi Mahindra," ujarnya.

FERY FIRMANSYAH

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi