Elio AOS, Mobil Roda Tiga buat Perkotaan
Reporter: Tempo.co
Editor: Yandi M rofiyandi TNR
Kamis, 11 Juli 2013 03:29 WIB
Mobil Davis tahun 1947. Perusahaan Mobil Davis didirikan pada tahun 1947 di Van Nuys, California, oleh pengusaha Gary Davis. Mobil roda tiga ini diharapan menjadi mobil tercepat tetapi gagal karna tahun 1948 perusahaan ini bangkrut karena penipuan. foxnews.com

TEMPO.CO, Michigan--Meledaknya konsumsi otomotif tak pelak membuat jalanan makin sempit. Apalagi di wilayah perkotaan, tempat parkir makin penuh dan jalanan macet. Melihat hal ini, Paul Elio menggagas mobil kecil khusus para commuter. Nama mobilnya Elio AOS.

Lewat bendera perusahaan Elio Motors, Paul memulainya di Michigan, US. Tak seperti mobil umumnya yang beroda empat, Elio AOS hanya memiliki toga roda. Dua roda di depan, satu roda di belakang. Paul juga menegaskan prinsip mobil yang akan diproduksinya. Pertama, hemat bahan bakar. Satu galon bahan bakar (3,78 liter) minimal bisa menempuh jarak 84 mil (135 km). Kedua, harga murah. Paul ingin mobil itu harganya tak boleh lebih dari US$ 6.800 (sekitar Rp 68 juta). Ketiga, keamanannya maksimal alias bintang 5. Terakhir, harus buatan US.

Setidaknya, prinsip-prinsip di atas perlahan mulai terwujud. Walau belum melalui tes keamanan negara bagian, mobil ini cukup aman. Dengan lima airbag (kantong udara) setidaknya pengemudi tak akan terbentur dengan keras jika kecelakaan. Bobot mobil ini juga cuma 382 kg.

Walau masih dalam bentuk prototype, mobil ini akan diproduksi dalam berbagai warna, seperti perak, putih, biru, oranye, hijau dan merah.

Menurut wakil presiden bidang pemasaran Chip Stempeck, konsumen yang tertarik bisa langsung memesan melalui layanan crowdfunding seperti Kickstarter. Paul menyatakan, mobil ini akan diproduksi mulai sekitar September nanti di pabrik lawas milik General Motors di Lousiana.

DAILYMAIL | NUR ROCHMITopik TerhangatRamadan| Bursa Capres 2014 | Ribut Kabut Asap | Bencana AcehBerita Lain:LCGC Masuk Pasar, Harga Mobil Akan TurunTiap Tahun, Land Rover Investasi 2 Miliar PoundsPenjualan Motor Sport Tak Terpengaruh Mobil MurahFord Tarik 465 Ribu Mobil

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi