Mobil Formula Sapu Angin Speed dari ITS
Reporter: Tempo.co
Editor: Pruwanto
Jumat, 23 Agustus 2013 04:52 WIB
Mobil konsep Sapu Angin karya mahasiswa Fakultas Teknik Mesin, Jurusan Teknologi Industri, Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) di luncurkan di Jatim Expo, Surabaya (27/4). TEMPO/Fully Syafi

TEMPO.CO , Surabaya:Institut Teknologi Sepuluh Nopember akan memperkenalkan mobil konsep formula, yakni Sapu Angin Speed (SAS). Mobil ini akan berlaga di ajang Student Formula Japan (SJF) 2013. Manajer Umum Tim Sapu Angin 2013, Arif Aulia Rahman, mengatakan SAS merupakan generasi pertama dari proyek mobil formula buatan mahasiswa ITS.

Arif berharap ajang ini semakin memperkenalkan karya nyata mahasiswa ITS, khususnya bidang otomotif. "Tim Sapu Angin ingin suasa baru setelah empat tahun lalu ikut ajang mobil irit dan menang di ajang Shell Echo Marathon Asia," kata Arif di Surabaya, Jawa Timur, Kamis, 22 Agustus 2013.

Rektor ITS Triyogi Yuwono akan memperkenalkan kepada khalayak karya mereka di gedung rektorat ITS, Jumat, 23 Agustus. Setelah itu, mobil SAS melakukan test drive untuk mendemonstrasikan keunggulan performa mobil yang mencakup aerodinamika dan akselerasinya.

ITS sebelumnya selalu ikut lomba dalam kategori irit bahan bakar. Kali ini timnya sengaja memilih perlombaan dengan penilaian pada kecepatan serta ketahanan mobil. Arif membidik gelar juara untuk kategori pendatang terbaik dalam ajang SFJ 2013. "Kami akan ikut pada kelas internal combustion."

Student Formula tahun ini diselenggarakan oleh Society of Automotive Engineers (SAE). Tim SA mengikuti kompetisi di Jepang untuk Student Formula Japan. Lomba digelar pada 3-7 September 2013 di Ogasayama Sport Park, Shizuoka, Jepang.

DIANANTA P. SUMEDI

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi