Agustus, Penjualan Honda Anjlok 51 Persen  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 4 September 2013 14:24 WIB
Pebalap Rio Saputro melakukan manuver berputar saat mempertunjukkan performa Honda Brio saat acara Media Test Drive Honda Brio di Lanud Hussein Sastranegara, Bandung, (29/8). ANTARA/Zarqoni maksum

TEMPO.COJakarta - Musim libur Lebaran ternyata memukul penjualan produk-produk otomotif. Salah satunya dialami PT Honda Prospect Motor, yang mengalami penurunan penjualan hingga 51 persen pada Agustus 2013.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Tempo, Rabu, 4 September 2013, sepanjang Agustus 2013 penjualan Honda mencapai 4.163 unit. Angka ini melorot hingga lebih dari separuh penjualan Juli 2013, yang mencapai 8.505 unit.

Meski turun, Direktur Pemasaran dan Purnajual Honda Prospect Jonfis Fandy menilai penjualan tersebut cukup baik mengingat pendeknya hari kerja pada Agustus. Menurut dia, sekalipun terpotong libur Lebaran dan hanya menyisakan 2 minggu hari kerja, Honda masih menunjukkan angka penjualan yang baik.

Jonfis yakin penjualan akan kembali meningkat pada September 2013. Sebab, pasar otomotif nasional akan kembali aktif secara penuh. "Selain itu, ada dukungan dari pergelaran Indonesian International Motor Show," kata dia.

Dengan pencapaian ini, penjualan Honda pada Januari-Agustus 2013 mencapai 62.010 unit. Varian populer, seperti hatchback Honda Jazz, minivan Honda Freed, dan sport utility vehicle (SUV) Honda CR-V, masih menjadi kontributor penjualan terbesar.

Dari seluruh varian, Honda Brio mengalami penurunan penjualan terbesar. Pada Agustus, city car ini hanya terjual 65 unit atau anjlok 94,9 persen dibanding dengan Juli, yang mencapai 1.289 unit. SUV Honda CR-V juga membukukan penurunan penjualan yang cukup tajam, yakni 76 persen, dari 1.712 menjadi hanya 402 unit. Sedangkan penjualan Honda Jazz dan Freed turun masing-masing 38 dan 29,4 persen.

FERY FIRMANSYAH

Otomotif Terpopuler Ini Kelebihan New Toyota Fortuner New Toyota Fortuner Digenjot untuk Pasar Ekspor Crossover Infiniti dan Mercedes Bakal Satu Pabrik Volvo Luncurkan Truk Tambang dan Konstruksi Bangun Mobil Pintar, Ford Tiru Robot Luar Angkasa   Audi Incar 25 persen Pasar SUV Mewah Cuma 80 Unit, Audi Q5 PI Dibanderol Hampir Rp 1 M KIA Akan Luncurkan Varian Terbaru Carens

#Penjualan Mobil
#PT Honda Prospect Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi