Mobil Murah Suzuki: Perkenalkan Karimun Wagon R
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Kamis, 19 September 2013 16:40 WIB
TEMPO/Santirta M

TEMPO.CO, Jakarta - Agen pemegang merek Suzuki, PT Suzuki Indomobil Sales memperkenalkan mobil murah (low cost green car/LCGC) yakni Suzuki Karimun Wagon R dalam ajang Indonesia International Motor Show hari ini, Kamis 19 September 2013.

"Kami sekarang bekerja keras untuk meluncurkan produk ini di pasar setelah bulan Oktober 2013," kata Direktur Marketing dan Dealer Network Suzuki Indomobil Sales, Davy Tulian, Kamis, 19 September 2013.

Davy yakin varian Karimun yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1993 akan disukai pasar Indonesia. "Interiornya lega walaupun dikendarai 5 penumpang," kata Davy. Akumulasi penjualan mobil ini di Jepang mencapai 4 juta unit sejak 1993-2013. Sementara penjualan global seri wagon R mencapai 6,4 juta unit.

Menurut Davy, meski belum memasuki proses produksi, calon pembeli telah tercatat dalam daftar inden. "Harga belum bisa disebut. Tapi kompetitif dengan LCGC lain yang sudah beredar di pasar," kata Davy. Saat ini, Suzuki Indomobil telah mengajukan proposal LCGC ke pemerintah.

Dia memastikan perusahaan dapat memenuhi aturan pemerintah berupa 85 persen komponen lokal secara bertahap. "Per liternya, konsumsi bahan bakar bisa 20 kilometer sesuai aturan pemerintah," kata Davy. Bahan bakar yang dianjurkan untuk mengendarai Karimun Wagon R adalah Bensin Ron 92. "Kalau dibawah itu, mesin tak optimal," katanya.

Sementara itu Presiden Direktur Suzuki Indomobil Motor, Shuiji Oishi, mengatakan tahun lalu mobil Suzuki mencetak rekor penjualan tertinggi di Indonesia, yaitu 127 ribu unit. Angka penjualan tahun ini dari Januari hingga Agustus mencapai 103 ribu unit, “Tahun ini diharapkan memecahkan rekor kembali."

Executive Vice President, Suzuki Motor Corporation, Toshihiro Suzuki mengatakan Indonesia merupakan salah satu pasar pertumbuhan tercepat untuk Suzuki. Penjualan tahun ini, kata dia, telah bertumbuh lebih dari 38 persen dibandingkan periode uang sama tahun lalu.

Kendaraan jenis multiguna (MPV) dengan tiga baris kursi penumpang, Ertiga, yang diluncurkan April tahun lalu, mencapai angka penjualan kumulatif 72 ribu unit. Sementara Suzuki Swift membukukan penjualan 4.000 unit. "Maret tahun ini, kami mengekspor Ertiga ke Thailand," katanya.

Untuk merealisasikan target, Suzuki akan membangun pabrik perakitan mobil baru di kawasan industri GIIC Cikarang. Lahan seluas 1,3 juta meter persegi itu berdampingan dengan lokasi pabrik mesin dan transmisi yang sedang dibangun. "Kami menanam investasi sebesar 93 miliar yen," katanya.

AMANDRA MUSTIKA MEGARANI

Berita Terpopuler:Minggu Ini BBM bisa di Android dan iPhoneMenteri Hatta Rajasa Kena Virus Vicky PrasetyoTNI Investigasi Anggota AL Pelaku PenyekapanSoal Ruhut Sitompul, PPP: Mau Jadi Komisi Kucing?  Di Tahanan, Vanny Mogok Makan  

 

#Low Cost Green Car | LCGC | Mobil Hijau
#Suzuki

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi