Bos Desain dan Pewaris Merek Ford Wafat
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Senin, 10 Maret 2014 12:07 WIB
William Clay Ford Sr. REUTERS/Rebecca Cook

TEMPO.CO, Detroit - William Clay Ford Sr, mantan Co Executive dan pewaris Ford Motor Co, wafat pada Ahad, 9 Maret 2014, waktu Detroit, Amerika Serikat. William, cucu terakhir dari Henry Ford, wafat pada usia 88 tahun karena penyakit pneumonia.

Kantor berita Reuters mengabarkan William Clay Sr meninggal di kediamannya yang terletak di kawasan sub-urban Kota Detroit, Grosse Pointe Shore. Dia adalah ayah dari William Clay Ford Jr yang kini menduduki posisi Executive Chairman Ford Motor Co. Hingga akhir hayatnya, William Clay Sr menjabat direktur emeritus atau direktur penasihat kehormatan. (Baca juga: Ford Gagas Mobil Bertenaga Surya)

Semasa hidup, William Clay Sr dikenal sebagai peletak dasar desain mobil-mobil modern buatan Ford. Selama 57 tahun dia memusatkan perhatian pada urusan rancang bangun. Salah satu mobil yang terkena sentuhan tangan emasnya adalah sedan mewah Ford Continental Mark II yang dibuat pada 1956–1957. (Baca juga: General Motors dan Ford Berlomba Diskon di AS)

Menurut mantan petinggi Ford dan Jaguar, Nick Scheele, William Clay Sr sangat terkesan dengan desain mobil-mobil Eropa yang elegan. "Dia punya selera yang luar biasa, terlihat pada sedan Continental Mark II," katanya. William Clay Sr, kata Scheele, adalah salah satu tokoh yang menyokong pembelian sebagian saham Jaguar oleh Ford pada 1990.

President Automotive Hall of Fame Bill Chapin mengatakan William Clay Sr identik dengan Continental Mark II. Mewakili desain mobil klasik pasca-Perang Dunia II, nyatanya sedan Continental Mark II tidak terlalu sukses dari sisi penjualan. "Tetapi model inilah yang membangun citra dan reputasi merek Ford," ujar Chapin. (Baca juga: Bangun Mobil Pintar, Ford Tiru Robot Luar Angkasa)

FERY FIRMANSYAH

Berita TerpopulerTernyata Ahok Bisa Disuap Alasan Penumpang Ini Naik Malaysia Airlines   Paspor Palsu Menambah Misteri Malaysia Airlines Ada Jejak Avtur di Jalur Pesawat Malaysia Airlines 

#Mobil Mewah

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi