Punya Ciri Beda, Mazda Malah Laris Jualan SUV  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Jumat, 6 Februari 2015 08:28 WIB
Mazda CX-5 (Dok. Mazda)

TEMPO.COJakarta - Jika agen pemegang merek kendaraan lain mengandalkan minibus atau multi purpose vehicle (MPV) sebagai dagangan utama, lain halnya dengan PT Mazda Motor Indonesia. Mengklaim punya ciri beda, Mazda Indonesia lebih laris menjajakan sport utility vehicle (SUV). 

Menurut Senior Marketing Manager Mazda Indonesia Astrid Ariani Wijana, dagangannya yang paling laris pada 2014 adalah SUV Mazda CX-5. Setelah CX-5, seri hatchback Mazda2 menduduki porsi tertinggi berikutnya. Jika digabungkan, kontribusi dua kendaraan ini pada penjualan Mazda di Indonesia mencapai 60 persen. 

Astrid mengatakan tingginya porsi penjualan SUV dan hatchback mengukuhkan ciri Mazda sebagai merek kendaraan yang stylish dan bergaya urban alias perkotaan. Dia mengakui, hal ini bisa juga terjadi karena Mazda tidak banyak memasarkan kendaraan niaga, seperti merek lain. "Karena itu, pemasaran produk kami selalu lekat dengan gaya hidup perkotaan," ujarnya saat ditemui di Hotel Fairmont, Kamis petang, 5 Februari 2015.

Menurut Astrid, Mazda berupaya mengubah citra mobil untuk tidak dipandang sebagai kendaraan semata. Mobil, tutur dia, saat ini sudah dikategorikan sebagai barang yang lekat dengan gaya hidup. "Atau bahkan mainan, bagi kaum Adam," katanya. Karena itu, Astrid optimistis pasar Mazda di Indonesia akan terus tumbuh karena menampilkan lini produk yang "bergaya".

Pada 2014, Mazda Indonesia memasarkan 10 ribu mobil. Meski enggan menyebutkan target, Astrid yakin penjualan Mazda di Indonesia melebihi pencapaian sebelumnya dengan mengandalkan varian-varian baru berteknologi tinggi.

FERY F.

#Penjualan Mobil
#Mazda

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi