Tahta Itu pun Tetap Milik Toyota
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 25 April 2015 09:30 WIB
Toyota. REUTERS/Toru Hanai

TEMPO.CO , Tokyo:  Tiga pabrikan mobil ini, Toyota Motor Corp, Volkwagen dan General Motors selalu saling kejar untuk bisa menduduki singgasana di industri otomotif global.

Namun dalam tiga tahun terakhir, posisi Toyota tak pernah terkalahkan. Di triwulan pertama 2015  produsen mobil Jepang itu pun masih memegang tahta.

Pada triwulan pertama, Toyota berhasil menjual 2,52 juta unit mobil secara global. Raihan ini membuat Toyota dinobatkan sebagai penjual mobil terlaris di dunia.

Posisi kedua dalam penjualan dipegang produsen mobil Jerman, Volkwagen sebanyak 2,49 juta unit.  Sementara pabrikan Amerika Serikat, General Motors (GM) menduduki nomor buncit, dengan perbedaan yang tipis yakni sebanyak 2,40 juta unit.

Meskipun paling laris, penjualan Toyota di triwulan pertama ini turun tipis dua persen dibandingkan periode sama tahun 2014. Sebaliknya penjualan Volkswagen naik 1,8 persen dan GM naik 1,9 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Persaingan di tiga besar ini memang sangat sengit. Termasuk di pasar yang baru mulai berkembang seperti Cina dan India. Mereka gencar memasarkan produk teranyarnya di kedua negara tersebut untuk menarik simpati konsumen.

Toyota yang terkenal dengan varian hibridnya, Prius, sedan Camry dan model premiumnya, Lexus memang mengalami pasang surut dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2009, Toyota terpukul oleh kasus penarikan untuk diperbaiki (recall) jutaan unit kendaraan terutama di Amerika Serikat.  

Pada 2011, produksi Toyota terganggu karena dampak bencana tsunami dan gempa di timur laut Jepang. Namun Chief Executive Officer, Akio Toyoda saat itu menyatakan optimistis Toyota mampu bangkit kembali.

Toyota akan mampu bertumbuh secara bertahap. Ia akan terus berupaya melakukan perbaikan produk dengan tetap  menekankan pada kualitas dan layanan serta memangkas biaya produksi.

GM pun tak lepas dari masalah. Produsen mobil yang berbasis di Detroit, Amerika Serikat ini juga dirundung masalah penarikan jutaan unit kendaraan.

GM sempat merajai penjualan mobil global selama lebih dari tujuh dekade. Namun pada 2008, GM harus mengakui keunggulan penjualan mobil Toyota. GM terkenal dengan produk Chevrolet, Opel, dan dua model mewahnya, Cadillac dan Buick Lincoln.

Volkwagen dengan produk mobil premium andalannya, Audi dan Buggati dalam beberapa tahun terakhir mampu menunjukkan pertumbuhan yang fantastis. VW begitu gencar melakukan penetrasi pasar Cina yang industri otomotifnya tumbuh pesat.

JAPAN TODAY|SETIAWAN ADIWIJAYA

#Industri Otomotif
#Toyota

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi