Ribuan Zafira Akan Direcall Akibat Kasus Kebakaran  
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Jumat, 23 Oktober 2015 16:46 WIB
Untuk urusan pada bagian dalam kap mesin, Vauxhall VXR8 GTS menggunakan mesin LSA delapan silinder dengan kapasitas 6,2 liter. Mobil ini mampu melaju pada kecepatan 0-60 mph dalam 4,9 detik dengan kecepatan maksimal 155 mph. autoexpress.co.uk

TEMPO.CO, Jakarta - General Motor (GM) Vauxhall akan me-recall (penarikan untuk reparasi) terhadap puluhan ribu mobil Zafira terkait laporan kebakaran akibat kesalahan pemanasan dan sistem ventilasi, kata produsen mobil asal Inggris yang dimiliki oleh GM, kemarin.

Recall ini menyusul adanya laporan dari sejumlah pemilik yang mengalami kebakaran mobil kepada perusahaan yang telah membuat 280.000 model Zafira B periode 2005 hingga 2014.  

Kebakaran mobil itu diduga disebabkan sistem yang hanya memiliki tiga komponen yaitu resistor, kipas dan pullen filter. Namun juru bicara Vauxhall mengatakan perusahaan belum bisa memastikan penyebab utamanya.

"Logikanya (kesalahan) itu ada di sana, atau cara mereka (komponen) berinteraksi, atau (komponen) mengalami penuaan, atau cara mereka melakukan perawatan," kata juru bicara Vauxhall dilansir dari Reuters, Kamis (22 Oktober 2015).

"Jika kami menemukan akar penyebabnya, kami akan mengambil tindakan yang diperlukan, artinya recall," katanya kemudian menjelaskan perusahaan belum memastikan jumlah model kendaraan bermasalah yang masih digunakan.

Sejumlah posting di Twitter dan gambar yang terpublikasi menunjukkan Zafira terbakar dengan api yang berasal dari kap mesin, gambar komponen plastik yang meleleh serta jendela yang pecah.

Seorang member sebuah grup Facebook dengan anggota lebih dari 6.000 orang mengatakan mobilnya terbakar pada bulan September.

Vauxhall, merek asal Inggris seperti dengan Opel yang berada dalam naungan GM Eropa, mengatakan setidaknya telah terjadi 133 kasus yang telah ditangani perusahaan asuransi. Sebanyak 20 kasus yang terjadi pada Vauxhall juga telah diperiksa.

Perusahaan mengatakan sedang menyurati otoritas Inggris untuk mencari daftar lengkap pemilik kendaraan sebagai langkah penarikan kembali. Vauxhall mengatakan hanya beberapa mobil bersetir kanan yang laku di Inggris dan Irlandia yang mengalami masalah ini.

"Desain sistem pemanas dan ventilasi pada setir mobil kiri berbeda (dengan setir kanan)," kata dia.

Perusahaan menyarankan pemilik Zafira di Inggris untuk menghubungi dealer lokal jika terjadi kejadian tidak biasa seperti bunyi "mencicit" pada dashboard agar lekas diperiksa.

ANTARA

#Industri Otomotif
#Gaikindo

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi