Kalahkan Rossi, Lorenzo: Ini Gelar Juara Dunia Terberat  
Reporter: Tempo.co
Editor: Martha Warta Silaban
Senin, 9 November 2015 16:30 WIB
Pembalap MotoGP tim Yamaham Jorge Lorenzo berteriak gembira di atas podium usai menjuarai laga MotoGp Valencia yang juga menjuarai MotoGP dunia tahun ini di Cheste, Valencia, Spanyol, 8 November 2015. REUTERS

TEMPO.COJakarta - Pembalap Jorge Lorenzo mengatakan gelar yang dia raih sebagai juara dunia MotoGP 2015 adalah yang terberat sepanjang kariernya. Lorenzo, yang berada satu tim dengan Valentino Rossi di Moviestar-Yamaha, menang di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu, 8 November 2015. 

"Balapan ini terberat. Sekalipun tidak berat, tekanan pada sesi terakhir ini sangat tinggi sejak tikungan pertama," kata Lorenzo, yang sudah menjuarai MotoGP pada 2010 dan 2012 silam.

Lorenzo mencapai finis di Valencia disusul lawannya dari Honda Repsol, yakni Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Ketiganya berasal dari negara yang sama: Spanyol. Adapun Valentino Rossi harus puas pada urutan keempat, setelah menyusul 22 pembalap. 

Valentino Rossi, asal Italia, harus memulai balapan dari urutan paling buncit di Valencia. Sebab, Rossi terkena penalti tiga poin setelah terbukti menyebabkan Marc Marquez terjatuh sehingga tidak berhasil melanjutkan pertandingan di Sepang, Malaysia, pada 25 November lalu.  

Lorenzo mengatakan, sejak putaran pertama, dia sudah memacu kecepatannya dengan ban baru, kemudian agak mengalami kesulitan pada ban belakang yang mulai menurun, terutama pada sisi kanan. "Sepeda motor melaju begitu cepat, dan saya harus berhati-hati agar tidak jatuh," ujar Lorenzo, yang meraih pole position pada babak kualifikasi. Menurut Lorenzo, dia berusaha memacu kendaraan semaksimal mungkin. 

"Hingga akhirnya, menjelang lintasan terakhir, saya melihat Marc mulai mendekat dan Dani mendorong kendaraannya begitu kuat. Saya kemudian memacu kendaraan secepat mungkin," tutur Lorenzo, 28 tahun. 

Lorenzo mengatakan usahanya tak sia-sia. Lorenzo kini telah meraih lima gelar juara dunia, tiga di antaranya dari MotoGP. Lorenzo sejajar dengan Wayne Rainey dan Kenny Roberts Snr, dan juga Ayrton Senna. 

"Saya menikmati pekan ini dan pekan-pekan yang akan datang. Saya akan berjuang lagi untuk meraih gelar, tapi itu akan sulit," ucapnya. 

Lorenzo dan Rossi masih akan berada dalam tim yang sama pada MotoGP 2016. 

CRASH | MARTHA WARTA SILABAN

#MotoGP
#MotoGP
#Valentino Rossi
#Spanyol

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi