Lagi-lagi, PenjualanToyota Lampaui Volkswagen  
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan Adiwijaya
Senin, 30 November 2015 11:32 WIB
Toyota Motor Corp memperlihatkan mobil terbarunya, Toyota New Prius dalam Tokyo Motor Show di Tokyo, Jepang, 28 Oktober 2015. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Toyota Motor Corp di kuartal keempat penjualan mobil 2015 berhasil mempertahankan gelar sebagai merek mobil terlaris di seluruh dunia, dihitung dari data per Oktober 2015. Penjualan raksasa otomotif Jerman, Volkswagen (VW), pun untuk keempat kalinya berhasil dilampaui Toyota, walau masyarakat tentu paham hal ini dipengaruhi kerugian drastis pasar VW yang sedang sibuk menangani krisis pascaskandal emisi.

“Untuk periode Januari hingga Oktober 2015, Toyota sudah menjual 8,3 juta unit mobil,” kata perwakilan Toyota Motor Corp seperti dilansir Reuters pada Jumat, 27 November 2015. Angka itu melampaui penjualan VW sebanyak 8,26 juta unit di periode yang sama. Sejak Juli, angka penjualan Toyota memang kerap melampaui VW.

Awal November lalu, VW sudah menjelaskan penjualan produk menurun lagi 5,3 persen (year-on-year), tepat setelah mereka mengakui adanya penyimpangan baru terkait dengan mesin diesel manipulatif yang ditemukan Badan Pelindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA) pada sebagian besar produk yang tersebar di Amerika.

Penjualan Toyota kabarnya sempat menurun 1,2 persen dibanding tahun sebelumnya di periode yang sama.  Namun penurunan penjualan VW lebih rendah, yaitu sekitar 1,7 persen.

Pada 2013, Toyota mendapat gelar yang sama setelah menjual 9,9 juta unit produknya, mengungguli Amerika Serikat dan Cina. Sedan Toyota Camry, Toyota Corolla, dan mobil hibrida Toyota Prius menjadi senjata utama mereka memenangkan pasar otomotif. VW kala itu berada di urutan ketiga dengan penjualan 9,5 juta unit.

YOHANES PASKALIS

#Otomotif
#Toyota

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi