Mobil 7 Penumpang Diprediksi Masih Unggul  
Reporter: Tempo.co
Editor: Sugiharto
Kamis, 19 Januari 2017 15:36 WIB
Ilustrasi mobil untuk mudik. dok.TEMPO

TEMPO.COJakarta - Mobil dengan tiga baris kursi penumpang alias berkapasitas tujuh penumpang diprediksi tetap menguasai pasar otomotif Indonesia pada 2017.

Menurut Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Antonio Zara, kegemaran terhadap mobil tujuh penumpang erat dengan budaya dan kebiasaan masyarakat Indonesia. "Mobil dengan tiga baris kursi penumpang tentu saja masih akan menjadi segmen terbesar di pasar otomotif Indonesia," kata pria yang lebih akrab disapa Toti itu selepas temu media di Jakarta, Rabu, 18 Januari 2017.

BacaGonjang-ganjing Brexit, Begini Kata Pabrikan Otomotif Jepang

Toti menjelaskan, dalam budaya Indonesia, masyarakat lebih suka bepergian bersama keluarga besar. Sebab, mereka biasanya masih tinggal bersama orang tua dan mengurusi orang tua. Sedangkan mereka yang menjadi orang tua kerap mengajak anak-anaknya bepergian. "Tentu saja mobil dengan tiga baris kursi penumpang masih yang terbesar pasarnya."  

SimakToyota-Daihatsu Rilis LCGC 7 Penumpang

Menurut Toti, setelah mobil dengan tujuh penumpang, mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) juga akan naik daun. Setelah itu disusul mobil-mobil cross-over dan sedan. Bahkan Toti meyakini industri otomotif akan tumbuh positif pada 2017.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) belum menerbitkan data penjualan mobil secara keseluruhan di Indonesia pada 2016. Namun target terakhir di kisaran 1,05 juta unit sudah laku terjual. 

ANTARA

#Penjualan Mobil
#Nissan

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi