Ini Cara Suzuki Pasarkan Ertiga Diesel  
Reporter: Tempo.co
Editor: Ali Akhmad Noor Hidayat tnr
Rabu, 8 Februari 2017 10:29 WIB
New Suzuki Ertiga Diesel Hybrid resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia, U-Thai Restaurant, Jakarta Selatan, 7 Februari 2017. TEMPO/Wawan Priyanto

TEMPO.CO, BOGOR – PT Indomobil Suzuki Sales (SIS) cukup berani memasarkan Ertiga Diesel Hybrid di Indonesia. Di segmen ini, hanya ada satu pemain, yakni Chevrolet Spin. Itu pun hanya seumur jagung: diproduksi pada 2013, lalu dihentikan dua tahun kemudian.

Baca: Kenali 10 Fitur Penting Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Jadilah Ertiga Diesel Hybrid melenggang sendirian. Bagaimana peruntungannya di Indonesia? Direktur Pemasaran SIS Donny Saputra buka-bukaan soal ini. Menurut Donny, pasar mobil penumpang low multi-purpose vehicle (LMPV) bermesin diesel di Indonesia masih terbuka lebar. “Tentunya kami berharap nantinya pasar di segmen ini akan terbentuk,” kata Donny di Bogor, Jawa Barat, Selasa malam, 7 Februari 2017.

Baca: Beli Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Bonus 1.500 Liter Pertadex Menurut dia, saat ini mobil penumpang bermesin diesel didominasi mobil-mobil di segmen medium dengan harga Rp 300 juta ke atas. Hal ini tentu berbeda dengan Ertiga Diesel Hybrid, yang bermain di kelas Rp 200 jutaan. Ertiga Diesel Hybrid dipasarkan pada angka Rp 219,5 juta (on the road Jabodetabek).

Dia menambahkan, peluang terbuka untuk Ertiga Diesel Hybrid datang dari pemilik lama Ertiga yang telah diluncurkan sejak 2012. Ia memperkirakan, jika pembelian Ertiga pada lima tahun lalu dilakukan secara kredit, ada kemungkinan akan lunas pada tahun ini. Ia berharap mereka yang loyal akan berganti ke Ertiga Diesel Hybrid. “Tentunya kami juga berharap pada pelanggan baru,” ujarnya.

Baca: Rahasia Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Irit BBM Suzuki Indonesia menargetkan penjualan sebanyak 20 persen dari total penjualan Suzuki Ertiga saat ini. Sepanjang tahun lalu, total penjualan Suzuki Ertiga mencapai 32.402 unit dan menyumbangkan 33,1 persen penjualan Suzuki di Indonesia.

”Kami masih melihat respons pasar, tapi setidaknya bisa di angka 20 persen,” kata Setiawan Surya, Deputy Managing Director 4W SIS, dalam acara peluncuran Ertiga Diesel Hybrid di U-Thai Restaurant, Jakarta Selatan, Selasa, 7 Februari 2017.

Menurut Setiawan, setelah diluncurkan di Jakarta, Ertiga Diesel Hybrid juga akan diluncurkan di 10 kota besar di Indonesia, yakni Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Makassar, Bandung, Lampung, Denpasar, Medan, Palembang, dan Pekanbaru. ”Program ini akan berlangsung mulai 10 Februari hingga 11 Maret 2017,” katanya.

Suzuki menjadwalkan distribusi ke dealer pada akhir Februari 2017. Sedangkan pengiriman ke konsumen diharapkan pada pertengahan Maret 2017.

WAWAN PRIYANTO

#Penjualan Mobil
#Suzuki

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi