Uji Ketangguhan, 15 Suzuki Ignis Terobos Jalanan Macet Jakarta  
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Selasa, 25 April 2017 10:13 WIB
Suzuki Ignis. avtoportal.mk

TEMPO.CO, Jakarta - Sebanyak 15 unit Suzuki Ignis diuji coba melintasi jalanan padat Jakarta, Selasa, 25 April 2017. Setiap mobil diisi 3 jurnalis, termasuk Tempo. Uji coba Ignis dimulai dari Art Hotel Thamrin, Jakarta Pusat menuju Urban Adventure Park pertama di Jakarta, Houbii, di Pondok Indah. Perjalanan diteruskan ke Lokananta di Jalan Panglima Polim, dan finish menuju Art Hotel.

Jalanan padat lalu lintas itu seperti Jalan Sudirman - MH Thamrin, dan Jalan Metro Pondok Indah. Pada jam-jam sibuk, jalur ini terkenal dengan kemacetannya. "Tujuannya untuk menguji kenyamanan Suzuki Ignis di tengah kemacetan Jakarta dan kondisi jalan tidak mulus," kata Dony Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), di Jakarta, Selasa, 25 April 2017.

Menurut Dony, uji coba dengan tema Suzuki Ignis Urban Race ini merupakan kegiatan yang dirancang untuk memberikan pengalaman menyenangkan dengan Suzuki Ignis. Sekaligus merasakan gaya hidup urban yang diasosiasikan dengan kehidupan perkotaan. "Identik dengan kota-kota besar seperti Jakarta yang serba cepat padat, mobilitas tinggi, dinamis, menyukai hal-hal trendi, dan kekinian," ujarnya.

Baca:Suzuki Ignis Diklaim Irit BBM, Simak Hasil UjinyaMakmur: Peminat Suzuki Ignis di Daerah Cukup Tinggi

Uji coba di jalanan padat ini sekaligus untuk menguji ketangguhan mesin Suzuki Ignis bertipe K12M dengan konfigurasi 4 silinder segaris, DOHC, VVT. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 83PS pada 6.000rpm dan torsi 113 Nm pada 4.200 rpm.

Mesin ini diklaim Suzuki irit bahan bakar dan responsif. Berdasarkan tes jalan yang dilakukan BT2MP-BPPT, konsumsi bahan bakar Ignis mencapai 23,64 kilometer per liter untuk transmisi manual dan 23,44 liter kilometer per liter untuk transmisi Auto Gear Shift (AGS).

Suzuki Ignis bersaing di kelas kompak city car bersama Honda Brio, Nissan March, Daihatsu Sirion, Mitsubishi Mirage, dan Toyota Etios Valco. Suzuki Ignis ditawarkan dalam tiga tipe dengan harga Rp 139,5 juta (GL MT), Rp 159,5 juta (GX-MT), dan 169,5 juta (GX-AGS).

Simak:Suzuki Ignis Sudah Bisa Dibeli, Mulai Rp 139,5 JutaSuzuki Ignis Pakai Transmisi AGS, Ini Alasannya

4W Sales Director SIS Makmur mengatakan Suzuki Ignis mendapatkan sambutan yang positif di berbagai daerah di Indonesia. Dia mencontohkan, di Bali saja, meski baru diluncurkan di daerah itu pada 21 April tapi pesanan (surat pemesanan kendaraan) yang masuk sudah mencapai 109 unit. Begitu pula di Yogyakarta, SPK yang masuk per Sabtu, 22 April 2017, sudah mencapai 50 unit.

"Masyarakat cukup antusias dengan kehadiran Suzuki Ignis. Banyak dari mereka yang melakukan test drive langsung di dealer-dealer resmi Suzuki di berbagai daerah," kata Makmur kepada Tempo, Senin, 24 April 2017. 

WAWAN PRIYANTO

#Otomotif
#Suzuki

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi