Sssstt, BMW Stop Produksi 6-Series Coupe
Reporter: Tempo.co
Editor: Sugiharto
Kamis, 11 Mei 2017 18:38 WIB
New York Auto Show memilih 11 mobil yang memiliki Performa Terhebat, salah satunya adalah BMW M6 Gran Coupe. Mobil buatan Jerman ini memiliki mesin V8 4,4 liter twin-scroll turbocharger yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 560 hp. Tempo/Fardi Bestari

TEMPO.CO, Jakarta - Mati satu tumbuh seribu. Seperti itulah yang terlihat di kala banyak mobil baru yang diluncurkan, meski ada juga yang harus dihentikan produksinya. Belakangan, memang banyak terdengar.

Manufaktur punya alasan tersendiri yang dinilai baik untuk kesehatan bisnisnya. BMW tak terkecuali. Menurut pewartaan situs Road and Track, diam-diam BMW menghentikan produksi 6-Series Coupe. Bahkan sejak Februari 2017 lalu.

Situs autoblog turut memberi konfirmasi. Mereka kemudian mendapat informasi resmi dari BMW yang menyatakan 6-Series dihentikan produksinya sejak Februari. Sayangnya, tidak ada informasi lainnya soal alasan dan rencana ke depannya. Dikonfirmasi bahwa model 6-Series Gran Coupe dan convertiblenya masih dilanjutkan. Meski tidak ada kejelasan mengenai kelanjutan atau dihentikan seperti varian coupenya.

BacaBMW Grup Buka Gerai di Indonesia, Apa Saja Fasilitasnya

Namun bukan berarti mobil coupe idola itu langsung lenyap dari jalanan dan penjualan. Hanya dihentikan produksinya, sementara sisa stok produksilah yang sampai saat ini masih dijual.

Pihak BMW tidak memberikan alasan jelas mengenai penghentian produksi 6-Series Coupe. Angka penjualannya pun tidak diketahui pasti. Namun bisa jadi itu adalah salah satu penyebabnya. Ketenaran mobil coupe dua pintu mulai tersingkir oleh sedan empat pintu berpenampilan seperti coupe.

Rumor lainnya adalah BMW mau membuka jalan untuk model baru 8-Series yang sudah beredar foto-foto spyshot pengujiannya. Selain itu, ada rumor lain yang mengatakan 6-Series akan dilanjutkan melalui link 5-Series GT hatchback.

BacaBMW Luncurkan Seri 4 Coupe Pertama di Asia

Berhentinya produksi BMW 6-Series Coupe berarti mengurangi pilihan di segmen premium mid-size coupe. Konsumen yang berminat pada BMW 6-Series Coupe nantinya harus melihat brand lain seperti Mercedes-Benz dan Audi yang menawarkan produk coupe seukuran itu. Opsi lainnya, berganti ke seri yang lebih tinggi atau lebih rendah.

BMW 6-Series Coupe menggunakan mesin 6-silinder 3.0 liter dengan twin-scroll turbocharger bertenaga maksimal 316 PS pada rentang 5.800 - 6.000 rpm dan torsi puncak 450 Nm pada 1.300 - 4.500 rpm. Tenaganya kemudian dikirimkan ke penggerak roda belakang. BMW 6-Series coupe menjadi popular berkat desainnya yang elegan nan atletis, serta seimbang dengan performa tenaganya. Di Indonesia sendiri, BMW 6-Series Coupe ditawarkan dalam satu pilihan, yakni BMW 640i Coupe.

GRANDY AJI | AUTOBLOG

#Penjualan Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi