Hino Klaim Kuasai Pasar Truk di Kalimantan Timur
Reporter: Naufal Shafly
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 23 Desember 2017 15:08 WIB

TEMPO.CO, JakartaHino mengklaim sebagai market leader penjualan truk di Kalimantan Timur. Pasar yang diklaim dikuasai Hino adalah segmen medium duty truck dan segmen truk kelas ringan. Keberhasilan ini membuat Hino bertahan selama 17 tahun sebagai pemimpin penjualan truk di Kalimantan Timur.

Berdasarkan data penjualan untuk Kalimantan Timur selama periode Januari sampai November 2017, Hino dalam segmen pasar medium duty truck mampu menjaga posisi sebagai market leader dengan penguasaan pasar 59 persen. Hasil ini naik dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yang hanya sebesar 47 persen.

Baca: Hino Kuasai 60 Persen Medium Duty Truck

Sedangkan untuk kelas truk ringan, melalui produk andalannya Hino Dutro, market share Hino di kelas ini juga meningkat jika dibanding tahun sebelumnya. Tercatat Hino Dutro berhasil mengembangkan market dari 14 persen menjadi 20 persen.

Direktur PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) Yuichi Naito mengatakan keberhasilan tersebut tidak terlepas dari aktivitas Total Support yang Hino berikan kepada konsumen, baik layanan penjualan maupun purnajual, sehingga konsumen merasa puas akan produk Hino karena membantu bisnis mereka menjadi lebih mudah.

Simak: Hino Luncurkan Bus Bertransmisi Otomatis

“Tahun ini kami sangat gembira dengan hasil penjualan Hino di Kalimantan Timur, karena produk-produk kami dapat terus tumbuh pangsa pasarnya," ucap Naito dalam rilis pers yang diterima Tempo.

Ke depan, menurut Naito, Hino optimistis bisa lebih baik, karena beberapa indikator ekonomi menunjukkan tren positif. "Termasuk saat ini dengan adanya pemerataan pembangunan infrastruktur di luar Pulau Jawa, tentunya akan berdampak positif bagi penjualan kami," ujarnya. 

Naito menyebut peningkatan penjualan Hino juga dipengaruhi faktor alam di Kalimantan Timur yang banyak terdapat sumber daya alam, seperti minyak dan gas bumi.


BERITA TERKAIT