Fokus ke Mazda 2, MMI Stop Penjualan Mazda3 dan Mazda5
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 27 Januari 2010 21:22 WIB
Dok: Auto Mobile Review
TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Mazda Motor Indonesia (MMI) tidak lagi menjual Mazda3 dan Mazda5 untuk tahun 2010 ini. Rencananya mereka akan fokus pada penjualan hatchback baru mereka Mazda2 yang memang tengah membludak permintaannya.

"Tahun ini kami memang tidak memasarkan model Mazda3 dan Mazda5," kata Yoshiya Horigome, Presiden Direktur PT Mazda Indonesia ketika dihubungi Rabu (27/1). "Ini bagian dari strategi kita, mengurangi model untuk memperkuat bisnis yang lain."

Keputusan MMI ini memang cukup mengejutkan. Pasalnya, di Jepang sendiri, Mazda Motor Corp, baru saja meluncurkan model terbaru kedua varian ini. Bahkan hari ini Mazda3 atau yang di Jepang dikenal dengan Mazda Axela diluncurkan edisi khusus memperingati ulang tahun Mazda yang ke-90 pada Sabtu (30/1) besok.

Lebih lanjut Horigome menjelaskan alasannya. "Kami ingin lebih fokus pada Madza2. Selain itu kita juga akan mengenjot penjualan (duo SUV) CX-7 dan CX-9, (sedan) Mazda6 dan (sedan sport) RX-8," katanya.

Selama ini MMI memasukkan Mazda3--hatchback dan sedan--serta Mazda5 langsung impor utuh (Completely Built Up) dari Jepang. Walhasil, harga jual menjadi melonjak cukup tinggi. Faktor harga ini pulalah yang mempengaruhi angka penjualan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Mazda3 tahun 2009 hanya terjual 13 unit, bahkan Mazda5 hanya 10 unit. Padahal, total penjualan Mazda tahun lalu mencapai 1.542 unit.

Tidak dipasarkannya dua model ini terlihat dari menghilang spesifikasi dan informasi keduanya dari laman resmi Mazda Indonesia di www.mazda.co.id. Namun pihak MMI menjamin servis maupun ketersediaan suku cadang Mazda3 dan Mazda5 tetap tersedia sehingga pengguna dua model ini tidak perlu khawatir.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi