Toyota Prius Versi Irit Tampil di Detroit Autoshow  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 11 Januari 2012 11:24 WIB
Mobil hybrid besutan Toyota, Prius C, dipamerkan di North American International Auto Show di Detroit, Michigan, AS, Selasa (20/2). REUTERS/Mike Cassese

TEMPO.CO, Detroit - Toyota Motor Corp bakal memperkuat lini sedan hatchback mereka dengan meluncurkan varian subkompak Prius C. Mobil mungil ini digadang-gadang sebagai varian dengan konsumsi bahan bakar teririt di kelasnya.

Prius C yang diluncurkan dalam ajang Detroit Motorshow 10 Januari waktu setempat ini memiliki rasio konsumsi bahan bakar 53 mil per galon (mpg). Laman autonews.com mengabarkan hatchback yang dikembangkan dari platform Toyota Yaris ini mulai dipasarkan di seluruh dunia Maret mendatang dengan harga US$ 19 ribu atau sekitar Rp 171 juta. "Kami menargetkan bisa menjual 45 ribu Prius C setahun di Amerika," kata General Manager Toyota, Bob Carter.

Purwarupa Prius C sebetulnya sudah tampil dalam Detroit Motorshow 2011. Saat itu sudah terlihat varian baru ini memiliki dimensi lebih kecil dari Prius sebelumnya. Jika dibandingkan, Prius C memiliki wheelbase 6 inci lebih pendek. Hal ini berdampak pada dimensi panjang dan bobot kendaraan yang berkurang 50 persen dari Prius terdahulu. Prius C mengusung mesin dengan kapasitas 1,5 liter dengan kekuatan 99 daya kuda.

Beberapa fitur tambahan yang cukup menawan yakni ban dan velg 15 inci, pengontrol iklim otomatis, dudukan setir yang bisa diubah (tilt telescopic steering) serta airbag di 9 titik. Mobil ini pun dilengkapi sistem audio yang mumpuni seperti CD player, port USB dengan konektivitas iPod, hands-free telepon, akses buku telepon, dan pemutar musik streaming bluetooth.

Menilik fitur-fitur tersebut, Prius C agaknya ditujukan untuk kaum muda yang menginginkan mobil stylish tapi irit bahan bakar.

FERY FIRMANSYAH

#Mobil Mewah

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi