Volkswagen Proyeksikan Kinerja Kuartal I Menurun
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Senin, 25 Februari 2013 19:13 WIB
REUTERS/Christian Charisius

TEMPO.CO, Wolfsburg - Raksasa otomotif asal Jerman Volkswagen AG memperkirakan kinerja di kuartal I tahun ini akan menurun dibandingkan kuartal I tahun lalu. Direktur Keuangan Volkswagen AG Hans Dieter Poetsch mengatakan pada kuartal I 2012, perseroan memulai kinerjanya dengan realisasi di atas rata-rata. “Namun pada kuartal I tahun ini kinerja kami di bawah rata-rata,” ujar Poetsch seperti dikutip Fox Business, kemarin.

Poetsch tidak merinci apakah pelemahan yang dia sampaikan merujuk pada penurunan pendapatan atau laba di kuartal I. Pada Jumat pekan lalu, nilai saham preferen pabrikan mobil Jerman itu turun 7 persen setelah perseroan mengumumkan proyeksi operasi tahun ini. Volkswagen memproyeksikan tahun ini stagnan dibandingkan 2012. “Penurunan harga saham bisa dipahami dan koreksi kecil adalah normal,” ujar Poetsch kepada sebuah koran Jerman.

Volkswagen memperkirakan kinerja operasi tahun ini akan terkena dampak menurunnya kinerja industri otomotif di Eropa. Pabrikan mobil terbesar ketiga didunia berdasarkan penjualan itu, pada tahun lalu masih berhasil meraup untung karena mampu mendorong penjualan di pasar  luar Eropa. Pada 2012, perseroan membukukan kenaikan laba 41 persen karena mendapatkan manfaat dari pembelian pabrikan mobil sport Porsche AG.

Meskipun memperkirakan volume penjualan naik, perseroan mengumumkan proyeksi pendapatan tahun ini tidak akan banyak berubah dari realisasi lalu sebesar 11,5 miliar euro (US$ 15,1 miliar) . Angka itu jauh di bawah perkiraan kebanyakan analis sebesar 14 miliar euro untuk pendapatan 2013. “Kami tidaklah demikian kebal dari kompetisi dan dampak krisis di pasar Eropa,” ujar Presiden Direktur Volkswagen AG Martin Winterkorn dalam keterangan tertulisnya. Dia menambahkan kondisi ekonomi menjadi lebih sulit tahun ini dibandingkan tahun lalu.

Proyeksi itu muncul meskipun tahun lalu penjualan Volkswagen di luar Eropa meningkat. Di antaranya penjualan di pasar Cina menyumbang 30 persen dari penjualan di pasar global. Sayangnya kenaikan itu dinilai tidak akan mampu mengompensasi proyeksi  kerugian di pasar Eropa tahun ini. Volkswagen yang menjual mobil merek Audi, Skoda, Seat, dan Bentley menjual hampir 40 persen mobilnya di Eropa tahun lalu.

Tahun lalu Volkswagen membukukan penjualan naik 12,2 persen menjadi 9,28 juta kendaraan dan pendapatan naik 21 persen menjadi 192,7 miliar euro. Laba bersih perseroan tahun lalu naik 41 persen menjadi 21,7 miliar euro. Winterkorn mengatakan Volkswagen Group akan meluncurkan sejumlah model baru untuk mendorong ekspansi posisi perseroan di pasar global tahun ini.

FOX BUSINESS | WALL STREET JOURNAL | ABDUL MALIK

Berita terpopuler lainnya:Din Syamsuddin: Anas Tak Mau Jadi Korban SendiriSelain Anas, KPK Mulai Bidik Nama LainSalah Ramal Pilkada Jabar, Gantung di Gedung SateSoal Kredit Bank Jabar, Aher: Gua Bisa LawanKenapa Aher Tak Terpengaruh Kasus PKS dan BJB?

#Industri Otomotif

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi