General Motors dan Ford Berlomba Diskon di AS
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Minggu, 9 Februari 2014 11:44 WIB
Chevrolet Silverado (Dok. Chevrolet)

TEMPO.CO, Detroit - Pabrikan otomotif asal Amerika Serikat General Motors Co dan Ford Motor Company berlomba memberikan potongan harga jual (diskon) untuk menggenjot angka penjualan tahun ini. 

Seperti dilansir Reuters, dikutip 9 Februari 2014, General Motors, menaikkan pemberian diskon untuk jenis mobil truk pick up hingga ribuan dolar Amerika Serikat. Langkah itu seiring target perusahaan untuk berkompetisi dengan pesaing dan mengurangi jumlah pasokan di dealer.

Di pasar AS, pesaing delaer General Motors adalah dealer Ford. (Baca juga : General Motors Tarik 1,5 Juta Mobil di Cina)

General Motors sedang menjalankan program promosi memperingati hari nasional Presidents Day hingga 28 Februari melalui dealer Chevrolet dan Buick-GMC. Dealer-dealer itu memberikan diskon mencapai US$ 7.092 per unit (atau sekitar Rp 86 juta) untuk Chevrolet Silverado dan diskon US$ 7.588 (Rp 92 juta) untuk mobil GMC Sierra model 2014. Diskon besar itu diberikan untuk mobil yang desain barunya diluncurkan delapan bulan lalu.

Adapun Ford juga tak mau ketinggalan. Pabrikan yang menjual mobil pick up F-series ini telah merajai penjualan mobil truk di pasar AS dalam 37 tahun terakhir. Untuk mobil truk besar Ford diberi diskon US$ 3.250 (sekitar Rp 39,5 juta). Namun banyak dealer Ford mengiklankan diskon lebih besar yakni mencapai US$ 9.000 (sekitar Rp 109 juta) untuk F-series. (Lihat juga : Dekati Pasar, GM Pindah Kantor ke Singapura)

Sejak truk model barunya diperkenalkan pada pertengahan 2013, penjualan General Motors mulai bisa membuntuti Fod. Jika beberapa tahun lalu, posisi General Motors jauh di belakang Ford, namun dengan program diskon, penjualannya naik signifikan.

Berdasarkan hasil riset Kelley Blue Book, rata-rata harga transaksi penjualan mobil Chevrolet Silverado pada Januari 2014 naik 12 persen menjadi US$ 40.575. Adapun penjualan mobil Ford, F-150 hampir stagnan dibandingkan tahun lalu yakni di level US$ 40.672. (Berita lain : Ford Fiesta Ecoboost 1 L Bakal Lebih Mahal)

Meski begitu pada akhir Januari, Ford memiliki empat bulan pasokan untuk F-150 dan pasokan Chevrolet Silverados naik jadi lima bulan. Idealnya untuk menjaga harga jual, pasokan mobil di dealer sebanyak dua bulan.

REUTERS | ABDUL MALIK

Terpopuler :Test Drive Mobilio : Penantang Baru Minibus MurahFebruari, 3.000 Unit Mobilio Dikirim ke KonsumenInden Honda Mobilio Sudah Tembus 10 RibuTahun ini Persaingan Pasar Otomotif Makin SengitPedal Gas Cacat, Sedan Aston Martin Ditarik  

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi