GIIAS 2016, Gaikindo: Sudah Sejajar dengan Tokyo Motor Show  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Kamis, 11 Agustus 2016 11:50 WIB
Suasana hari pertama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, 11 Agustus 2016. TEMPO/PRAGA UTAMA

TEMPO.CO, Serpong - Pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIAS) 2016 resmi dibuka Wakil Presiden Jusuf Kalla di ICE Bumi Serpong Damai, Banten, Kamis, 11 Agustus 2016. Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohanes Nangoi mengatakan GIIAS adalah satu-satunya pameran otomotif yang diakui secara internasional. "Masuk dalam agenda dunia dan sejajar dengan Frankfurt Motorshow serta Tokyo Motor Show," kata Yohanes.

Yohanes yang juga menjabat Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) ini mengatakan selama 50 tahun terakhir, sektor otomotif sudah terbukti berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Hal ini, kata dia, bisa dilihat dari penjualan mobil dari 2009 hingga 2015. "Yang tumbuh 18,3 persen setiap tahun," ujarnya. Karena itu, Yohanes yakin GIIAS bakal memberi kontribusi besar terhadap perekonomian nasional.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan industri otomotif telah menjadi parameter pertumbuhan di banyak negara maju karena sektor tersebut memiliki fungsi hulu dan hilir yang penting. Melihat pertumbuhan industri otomotif saat ini, Kalla optimistis kelak kepemilikan mobil dapat menjadi tolok ukur kesejahteraan di Indonesia. "GIIAS bukan hanya mendorong konsumsi, tapi menjadi etalase kemajuan industri kita," kata Kalla.

GIIAS 2016 yang akan berlangsung hingga 21 Agustus 2016 diikuti 361 peserta yang memamerkan 31 merek mobil, yang terdiri atas 25 merek kendaraan angkut dan 6 kendaraan niaga. Tahun ini adalah penyelenggaraan GIIAS ke-2, selepas bersalin nama dari Indonesia International Motor Show. Sejumlah mobil baru yang akan diluncurkan pada GIIAS 2016 ialah Audi TTS, Jaguar F Pace, dan New Jaguar XF. Daihatsu juga akan memboyong kendaraan baru berupa multi-purpose vehicle (MPV) di segmen low cost-green car atau LCGC.

PRAGA UTAMA

Berita Terkait MINI Luncurkan Kendaraan Sporty dan Inovatif di GIIAS 2016 Datsun Kenalkan Mobil Konsep Baru di GIIAS 2016 BMW Pajang Seluruh Mobil dan Sepeda Motor Andalan di GIIAS 2016

#Gaikindo

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi