Honda - Hitachi Kerja Sama Produksi Mobil Listrik
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Rabu, 5 Juli 2017 23:01 WIB
REUTERS/Issei Kato

TEMPO.CO, Jakarta - Honda dan Hitachi telah menandatangani perjanjian untuk bekerja sama membuat perusahaan yang fokus pada teknologi mobil listrik.

Perusahaan bersama senilai US$ 44 juta akan fokus dalam pengembangan baterai mobil listrik, teknologi hybrid, dan plug-in hybrid. Dari perjanjian tersebut, Hitachi akan memiliki 51 persen saham dan Honda memiliki 49 persen.

“Produksi mobil membutuhan modal yang banyak. Kami ingin memproduksi mobil dengan skala produksi besar yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan konsumen,” kata Takahiro Hachigo, Chief Executive Honda Motor, seperti dikutip dari Carcoops, Rabu 5 Juli 2017.

Baca: Jerman Angkat Tangan Bikin 1 Juta Mobil Listrik

Rencana kerja sama ini sebenarnya muncul sejak Februari. Kedua perusahaan akan memanfaatkan keahlian dan keunggulan masing-masing guna meningkatkan pengembangan industri mobil listrik.

Adapun pengembangan mobil listrik memang tengah dilakukan secara masif oleh sejumlah pabrikan mobil. Volvo Car Group menargetkan dapat menjual 1 juta unit mobil listrik pada 2025. Hal ini akan diawali dengan meluncurkan lima mobil listrik dan hybrid pada 2019.

Simak: Singapura Tetapkan Batas Emisi Mobil Listrik

Pabrikan lain, BMW AG sampai Volkswagen AG Audi sudah memulai elektrifikasi portofolio produknya. Hal ini dilakukan untuk memenuhi regulasi emisi dan juga bersaing dengan pionir mobil listrik, Tesla Inc.

Daimler AG Mercedes Benz akan meluncurkan 10 mobil listrik baru hingga 2022, lebih awal dibandingkan rencana awal perusahaan. Sementara itu Audi mengatakan seluruh produk barunya akan menggunakan teknologi hybrid ataupun murni listrik pada akhir 2020.

Berdasarkan studi International Energy Agency (IEA), mobil listrik diperkirakan meraup pangsa pasar 30 persen dari penjualan mobil baru pada 2030. Hingga Mei 2017 populasi mobil listrik dan hybrid di seluruh dunia telah melampaui 2 juta unit. Sebanyak 37,50 persen atau 750 ribu unit merupakan penjualan yang terjadi pada tahun 2016.

GRANDY AJI | WP

#Mobil Listrik
#Honda

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi