BMW Bangun Pabrik Mobil Listrik Mini
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Selasa, 4 Juli 2017 07:00 WIB
BMW AG memperkenalkan mobil listrik Mini Countryman 2017 dalam acara Los Angeles Auto Show di Los Angeles, California, 16 November 2016. Mini Countryman menggunakan mesin bensin tiga silinder 1.5 liter bertenaga 134 daya kuda dengan motor listrik bertenaga 87 daya kuda. REUTERS/Lucy Nicholson

TEMPO.CO, Jakarta - Produsen mobil asal Jerman, BMW AG, akan mendirikan pabrik mobil listrik merek Mini di Inggris pada September mendatang. Kepada Reuters, seorang sumber mengatakan investasi ini menjadi batu ujian bagi sektor investasi Inggris setelah keluar dari Uni Eropa.

Mini adalah merek mobil buatan Inggris yang diakuisisi BMW pada 1994. Sekitar 70 persen produksi mobil kompak ini dilakukan di pabrik Oxford, Inggris. Setelah Inggris keluar dari Eropa (Brexit), banyak kalangan khawatir Mini akan kehilangan pasar terbesarnya, yakni negara-negara Eropa.

Baca: BMW Akan Luncurkan Mobil Listrik Model 3 untuk Saingi Tesla

Salah satu anggota Dewan Komisaris BMW mengatakan nilai investasi untuk membangun mobil listrik Mini mencapai puluhan juta pound sterling. Dana ini, kata dia, akan terealisasi dalam tiga bulan ke depan. Namun jajaran manajemen dan komisaris tengah khawatir akan dampak isu Brexit terhadap realisasi investasi tersebut. "Salah satunya soal rezim pajak mana yang akan berlaku dan seperti apa penerapannya," kata komisaris BMW, Ian Robertson.

Robertson mengatakan sejumlah pejabat Inggris sudah berjanji mendukung rencana investasi BMW. Dia bahkan mengaku telah bertemu dengan Menteri Urusan Bisnis Inggris, Greg Clark, dan sejumlah pejabat lain yang mendukung Brexit saat berkunjung ke kantor BMW di Muenchen.

Simak: BMW Lanjutkan Tren Positif Penjualan Global

Namun manajemen tetap mempertimbangkan lokasi alternatif di luar Inggris, di antaranya Leipzig dan Regensburg di Jerman. Selain itu, produsen otomotif Belanda, NedCar, menawarkan share untuk produksi Mini versi elektrik.

Sebelumnya, BMW dikabarkan akan membangun pabrik Mini di Meksiko. Pabrik ini diharapkan membantu BMW mengerek penjualan di luar Eropa. Selain merakit Mini, pabrik di Meksiko akan membuat sedan BMW seri 1 dan 3. Dengan membangun pabrik di Meksiko, BMW berniat memangkas ongkos produksi.

FERY F

#Mobil Listrik

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi